#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar SEO dalam hubungannya dengan peningkatan
trafik kunjungan ke suatu website atau blog)
_____________________________________________________________________
__________________
Kata Pengantar
__________________
Sebelum saya pasang Iklan di angkolafacebook.blogspot.com ini,
kunjunganrata-rata setiap harinya sekitar 700-800 kunjungan.
Setelah saya pasang iklan, ternyata pengunjungnya jadi berkurang
dan saat ini berkisar 600 - 700 kunjungan.
Pertanyaannya bagi penulis :
~ Mengapa hal ini bisa terjadi
- Bagimana solusinya untuk meningkatkan pengunjung blog
- Adakah hubungangan dari semua ini SEO
...dan...
- Apa pula itu SEO...?
- Bagimana cara memmanfaatkan SEO ini untuk meningkan trafik
kunjungan...?
Adalah hal yang mau penulis jawab lewat postingan ini dengan
jawaban dalam bentuk "Praktek penulis sendiri". Dengan kata lain
tak bisa dituliskan tapi di praktekkan.
Nah...!
Sebelum penulis berpraktek, mari sama belajar tentang SEO lewat
postingan ini, siapa tahu juga anda saat ini atau masa yang akan
datang menghadapi masalah yang sama.
Selamat menyimak...!
Bersama lagu dirantau atau di ratto lewat Caver "Si Boru cino
dari Sidikalang
...dan...
Merdeka...!
________________________
Sekilas tentang SEO
________________________
* Hal Pengertian :
Tanya :
Apa itu SEO...?
Jawab :
Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization,
biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara
sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik
kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan
memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
* Hal Tujuan SEO
Tanya Apa yang menjadi tuuan SEO ini dalam hubungannya dengan mesin
pencari data di Internet
Jawab :
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas,
atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci
tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi
teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk
mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai
media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada
posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan
pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.
Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi
mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
* Hal Sejarah
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali
digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di
Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks
sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang
disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka.
Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu
halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci
yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin
pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini
menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan
kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang
mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas
Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub,
sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika
untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank,
merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan
jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas
kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa
halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang
banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin
tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas
yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti
Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai
link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin
mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub.
Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik
pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas
(tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar
baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs
webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati
posisi tertinggi pada hasil pencarian.
* Webmaster dan mesin pencari
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa
[webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks
pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif
dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan
perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag"
yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi
yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki
kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO.
Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu
pada event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan
panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks
dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai
akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML
standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga
harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster
mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah
terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk.
Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang
manipulatif dan menghalalkan segala cara.
* Etika dan legalitas
Sistem PageRank, walau menerapkan algoritma yang kompleks, belakangan juga tidak
lagi sepenuhnya mampu menghadapi trik dan manipulasi. Sejumlah webmaster dan
praktisi SEO telah mengembangkan beberapa metode yang memanfaatkan cara kerja
PageRank agar halaman web klien mereka berada pada peringkat pertama hasil
pencarian. Google secara resmi telah melarang penggunaan beberapa teknik
ilegal seperti link farming, doorway pages, keyword stuffing, dan auto
]generated pages atau scraper pages. Situs atau layanan SEO yang tetap
menggunakanannya terancam akan dihapus dari indeks pencarian.
Ancaman Google dan mesin pencari lain bukan hanya gertakan. Beberapa
perusahaan layanan SEO beserta klien mereka yang tidak mengindahkan
larangan tersebut menerima penalti yang serius karena perbuatan ilegal
mereka. Pada tahun 2005, Matt Cutts dari Google mengatakan bahwa URL sebuah
firma SEO bernama Traffic Power beserta klien-klien mereka telah dihapus
dari indeks Google karena menggunakan teknik SEO ilegal.
Kasus lain yang terkenal adalah ketika Google pada Februari 2006 menghapus
situs web perusahaan BMW dan Ricoh Jerman dari daftar karena terbukti
menggunakan metode SEO yang manipulatif. BMW dan Ricoh dengan segera
meminta maaf kepada Google dan memperbaiki situs mereka. Google kemudian
memasukkan kembali situs web mereka ke dalam indeks pencarian. Namun
skandal tersebut tetap meninggalkan citra buruk dan memalukan bagi
kedua perusahaan tersebut.
Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik ilegal
sepanjang dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal
tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama
dalam pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana
yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah
kualitas dan manfaatnya bagi pengguna internet.
* Tokoh-tokoh SEO Terkemuka
Selain pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, beberapa orang menjadi
figur yang dihargai dan pendapatnya dijadikan acuan seputar bisnis mesin
pencari dan SEO.
Ket :
Danny Sullivan
Mantan wartawan LA Times yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang
aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia
aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.
Ket :'
Matt Cutts
Programmer dan mantan pegawai NSA (National Security Agency) Amerika Serikat
yang bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim
penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts
adalah seorang blogger terkemuka.
Artikel-artikel di blognya menjadi rujukan para praktisi SEO dari
seluruh dunia, karena blognya sering menjadi sumber pertama setiap
informasi mengenai perkembangan teknologi pencarian Google. Matt Cutts
sering dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google.
Ket :
Vannesa Fox
Mantan karyawati Google. Vannesa dikenal di kalangan webmaster sebagai
konseptor dan programmer yang mengepalai proyek Google Webmaster Central.
* Strategi pemasaran internasional
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web,
yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya
lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari
seluruh dunia yang menjadi kompetitornya.
Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak
lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka
mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lain.
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian
untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan
pemasaran via internet:
Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar.
Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari
pengunjung biasa menjadi pembeli.
Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi
yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung dari
hasil pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan
yang ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik
tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO
sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil
pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan
pada mesin pencari tersebut.
Pada Google, pemasangan iklan dapat dilakukan melalui Google AdWords.
Google AdWord menerapkan mekanisme pay per click atau bayar per klik,
artinya untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, pemasang iklan
akan dikenakan biaya, yang besarnya berbeda-beda tergantung pada proses
lelang (bidding) katakunci yang dilakukan oleh pemasang iklan.
____________________________________________________________________
Sekilas SEO dalam hubungannya dengan Perkembangan Bisnis Internet
____________________________________________________________________
* Hal dan manfaat SEO
Tanya :
Apa Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis...?
Jawab :
Semua bisnis pasti harus punya profit, right? Berbagai cara dilakukan
pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka, baik dengan
melakukan pemasaran offline maupun melalui #internet marketing. Berikut
ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:
1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi
dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di
mesin pencari, misalnya #Google.
Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk
mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar.
Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer
bisnis Anda.
Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google adalah trafik potensial?
Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda, apalagi
bila trafik tersebut berasal dari website-website auto surf yang memberikan
visitor bot ke website Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak ada
gunanya bagi perkembangan bisnis Anda, trust me!
Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka
mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari informasi bermanfaat
untuk memberikan solusi pada masalah mereka. Nah ketika mereka menemukan
website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu menampilkan hasil
pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan
menjadi customer karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan
bisnis Anda. Trafik potensial ini akan datang terus menerus ke website
Anda secara gratis dan akan membantu meningkatkan jumlah customer
dan penjualan bisnis Anda.
2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk
mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek
pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan
semakin besar.
Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah
bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
Ketika pengguna internet mencari informasi yang berhubungan niche Anda
melalui Google dan menemukan informasi bermanfaat di website Anda maka
kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang memberikan
informasi berharga tersebut, yaitu website Anda.
Semakin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka
merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya
dikalangan para pengguna internet.
3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk
memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan
data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer
ataupun pelanggan setia bisnis mereka.
Apa manfaat data kontak ini? Dengan mengetahui data calon customer maka
akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk
baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual
produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.
Bila website Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan
lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan tentu saja
gratis.
Tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer
tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer.
Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis Anda, dan menurut
saya 3 poin di atas adalah yang paling penting. Masing-masing orang akan
merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri,
yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi
dengan baik di mesin pencari.
* Hal Apa Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO
Tanya :
Dalam hubungannya dengan peningkatan trafic suatu blog atau
peningkatan kunjungan pada suatu artikel, apa saja yang harus
dilakukan dalam hubungannya dengan penerapan SEO...?
Jawab :
Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan oleh
seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page.
Berikut gambarannya :
1. Apa Itu SEO On Page
SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi
website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh
seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO
Friendly.
Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
~ Riset keywords, baca artikel “Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword
Planner” untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang
paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
~ Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik,
dan load-nya cepat.
~ Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
~ Menambahkan description yang relevan dengan website
~ Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
~ Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
~ Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
~ Mengatur navigasi website sebaik mungkin
~ Membangun internal links
~Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
~ Dan lain-lain
2. Apa Itu SEO Off Page
SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar
website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya
sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri.
Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks)
dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links
yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di
internet antara lain:
~Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
~Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
~Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
~Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
~Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
~Links dari website yang menerima guest blogger
~Dan lain-lain
____________
Penutup
____________
Demikian infonya para kawan, khususnya bagi anda para pemain dunia
maya atau internet ini. Semoga dapat memperluas wawsan khsusnya di
bidang optimasi blog.
Dan bagi penulis sendiri...!
Pertanyaan-pertanyaan pada kata pengatar di atas sudah tejawab,
dan tinngal prakteknya. Tapi seperti kta ketahui, dalam banyak hal
teori itu selalu lebih mudah dari pada prakteknya.
Karena itu...!
Jangan heran jika anda ataupun penulis tidak dapat mempraktekkan
teori-teori ini. Selamat malam...!
______________________________________________________________________
Cat :
* Postingan ini adalah Duplikat dari angkolafacebook.blogspot.com
(Menyimak info sekitar SEO dalam hubungannya dengan peningkatan
trafik kunjungan ke suatu website atau blog)
_____________________________________________________________________
__________________
Kata Pengantar
__________________
Sebelum saya pasang Iklan di angkolafacebook.blogspot.com ini,
kunjunganrata-rata setiap harinya sekitar 700-800 kunjungan.
Setelah saya pasang iklan, ternyata pengunjungnya jadi berkurang
dan saat ini berkisar 600 - 700 kunjungan.
Pertanyaannya bagi penulis :
~ Mengapa hal ini bisa terjadi
- Bagimana solusinya untuk meningkatkan pengunjung blog
- Adakah hubungangan dari semua ini SEO
...dan...
- Apa pula itu SEO...?
- Bagimana cara memmanfaatkan SEO ini untuk meningkan trafik
kunjungan...?
Adalah hal yang mau penulis jawab lewat postingan ini dengan
jawaban dalam bentuk "Praktek penulis sendiri". Dengan kata lain
tak bisa dituliskan tapi di praktekkan.
Nah...!
Sebelum penulis berpraktek, mari sama belajar tentang SEO lewat
postingan ini, siapa tahu juga anda saat ini atau masa yang akan
datang menghadapi masalah yang sama.
Selamat menyimak...!
Bersama lagu dirantau atau di ratto lewat Caver "Si Boru cino
dari Sidikalang
...dan...
Merdeka...!
________________________
Sekilas tentang SEO
________________________
* Hal Pengertian :
Tanya :
Apa itu SEO...?
Jawab :
Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization,
biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara
sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik
kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan
memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
* Hal Tujuan SEO
Tanya Apa yang menjadi tuuan SEO ini dalam hubungannya dengan mesin
pencari data di Internet
Jawab :
Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas,
atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci
tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi
teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk
mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai
media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada
posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan
pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.
Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi
mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
* Hal Sejarah
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali
digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di
Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks
sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang
disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka.
Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu
halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci
yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin
pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini
menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan
kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang
mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas
Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub,
sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika
untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank,
merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan
jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas
kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa
halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang
banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin
tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas
yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti
Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai
link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin
mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub.
Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik
pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas
(tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar
baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs
webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati
posisi tertinggi pada hasil pencarian.
* Webmaster dan mesin pencari
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa
[webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks
pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif
dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan
perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag"
yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi
yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki
kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO.
Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu
pada event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan
panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks
dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai
akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML
standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga
harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster
mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah
terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk.
Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang
manipulatif dan menghalalkan segala cara.
* Etika dan legalitas
Sistem PageRank, walau menerapkan algoritma yang kompleks, belakangan juga tidak
lagi sepenuhnya mampu menghadapi trik dan manipulasi. Sejumlah webmaster dan
praktisi SEO telah mengembangkan beberapa metode yang memanfaatkan cara kerja
PageRank agar halaman web klien mereka berada pada peringkat pertama hasil
pencarian. Google secara resmi telah melarang penggunaan beberapa teknik
ilegal seperti link farming, doorway pages, keyword stuffing, dan auto
]generated pages atau scraper pages. Situs atau layanan SEO yang tetap
menggunakanannya terancam akan dihapus dari indeks pencarian.
Ancaman Google dan mesin pencari lain bukan hanya gertakan. Beberapa
perusahaan layanan SEO beserta klien mereka yang tidak mengindahkan
larangan tersebut menerima penalti yang serius karena perbuatan ilegal
mereka. Pada tahun 2005, Matt Cutts dari Google mengatakan bahwa URL sebuah
firma SEO bernama Traffic Power beserta klien-klien mereka telah dihapus
dari indeks Google karena menggunakan teknik SEO ilegal.
Kasus lain yang terkenal adalah ketika Google pada Februari 2006 menghapus
situs web perusahaan BMW dan Ricoh Jerman dari daftar karena terbukti
menggunakan metode SEO yang manipulatif. BMW dan Ricoh dengan segera
meminta maaf kepada Google dan memperbaiki situs mereka. Google kemudian
memasukkan kembali situs web mereka ke dalam indeks pencarian. Namun
skandal tersebut tetap meninggalkan citra buruk dan memalukan bagi
kedua perusahaan tersebut.
Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik ilegal
sepanjang dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal
tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama
dalam pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana
yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah
kualitas dan manfaatnya bagi pengguna internet.
* Tokoh-tokoh SEO Terkemuka
Selain pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, beberapa orang menjadi
figur yang dihargai dan pendapatnya dijadikan acuan seputar bisnis mesin
pencari dan SEO.
Ket :
Danny Sullivan
Mantan wartawan LA Times yang mendirikan situs web Search Engine Watch yang
aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin pencari. Kini dia
aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.
Ket :'
Matt Cutts
Programmer dan mantan pegawai NSA (National Security Agency) Amerika Serikat
yang bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini mengepalai tim
penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts
adalah seorang blogger terkemuka.
Artikel-artikel di blognya menjadi rujukan para praktisi SEO dari
seluruh dunia, karena blognya sering menjadi sumber pertama setiap
informasi mengenai perkembangan teknologi pencarian Google. Matt Cutts
sering dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google.
Ket :
Vannesa Fox
Mantan karyawati Google. Vannesa dikenal di kalangan webmaster sebagai
konseptor dan programmer yang mengepalai proyek Google Webmaster Central.
* Strategi pemasaran internasional
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web,
yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya
lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari
seluruh dunia yang menjadi kompetitornya.
Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak
lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka
mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lain.
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian
untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan
pemasaran via internet:
Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar.
Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari
pengunjung biasa menjadi pembeli.
Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi
yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung dari
hasil pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan
yang ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik
tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO
sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil
pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan
pada mesin pencari tersebut.
Pada Google, pemasangan iklan dapat dilakukan melalui Google AdWords.
Google AdWord menerapkan mekanisme pay per click atau bayar per klik,
artinya untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, pemasang iklan
akan dikenakan biaya, yang besarnya berbeda-beda tergantung pada proses
lelang (bidding) katakunci yang dilakukan oleh pemasang iklan.
____________________________________________________________________
Sekilas SEO dalam hubungannya dengan Perkembangan Bisnis Internet
____________________________________________________________________
* Hal dan manfaat SEO
Tanya :
Apa Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis...?
Jawab :
Semua bisnis pasti harus punya profit, right? Berbagai cara dilakukan
pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka, baik dengan
melakukan pemasaran offline maupun melalui #internet marketing. Berikut
ini adalah beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:
1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi
dengan baik dari sisi SEO akan mendapatkan peringkat yang baik juga di
mesin pencari, misalnya #Google.
Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk
mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar.
Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer
bisnis Anda.
Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google adalah trafik potensial?
Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi bisnis Anda, apalagi
bila trafik tersebut berasal dari website-website auto surf yang memberikan
visitor bot ke website Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak ada
gunanya bagi perkembangan bisnis Anda, trust me!
Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka
mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari informasi bermanfaat
untuk memberikan solusi pada masalah mereka. Nah ketika mereka menemukan
website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu menampilkan hasil
pencarian berdasarkan kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan
menjadi customer karena mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan
bisnis Anda. Trafik potensial ini akan datang terus menerus ke website
Anda secara gratis dan akan membantu meningkatkan jumlah customer
dan penjualan bisnis Anda.
2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk
mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek
pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan
semakin besar.
Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah
bisnis. Salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO).
Ketika pengguna internet mencari informasi yang berhubungan niche Anda
melalui Google dan menemukan informasi bermanfaat di website Anda maka
kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang memberikan
informasi berharga tersebut, yaitu website Anda.
Semakin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka
merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya
dikalangan para pengguna internet.
3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk
memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan
data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer
ataupun pelanggan setia bisnis mereka.
Apa manfaat data kontak ini? Dengan mengetahui data calon customer maka
akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk
baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual
produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.
Bila website Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan
lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut, dan tentu saja
gratis.
Tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer
tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer.
Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis Anda, dan menurut
saya 3 poin di atas adalah yang paling penting. Masing-masing orang akan
merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri,
yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil jika website Anda teroptimasi
dengan baik di mesin pencari.
* Hal Apa Saja yang Dilakukan Dalam Kegiatan SEO
Tanya :
Dalam hubungannya dengan peningkatan trafic suatu blog atau
peningkatan kunjungan pada suatu artikel, apa saja yang harus
dilakukan dalam hubungannya dengan penerapan SEO...?
Jawab :
Di dalam strategi SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan oleh
seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page.
Berikut gambarannya :
1. Apa Itu SEO On Page
SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi
website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh
seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO
Friendly.
Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
~ Riset keywords, baca artikel “Cara Riset Keywords Dengan Google Keyword
Planner” untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang
paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
~ Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik,
dan load-nya cepat.
~ Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
~ Menambahkan description yang relevan dengan website
~ Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
~ Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
~ Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
~ Mengatur navigasi website sebaik mungkin
~ Membangun internal links
~Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
~ Dan lain-lain
2. Apa Itu SEO Off Page
SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar
website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya
sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri.
Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks)
dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links
yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di
internet antara lain:
~Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
~Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
~Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
~Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
~Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
~Links dari website yang menerima guest blogger
~Dan lain-lain
____________
Penutup
____________
Demikian infonya para kawan, khususnya bagi anda para pemain dunia
maya atau internet ini. Semoga dapat memperluas wawsan khsusnya di
bidang optimasi blog.
Dan bagi penulis sendiri...!
Pertanyaan-pertanyaan pada kata pengatar di atas sudah tejawab,
dan tinngal prakteknya. Tapi seperti kta ketahui, dalam banyak hal
teori itu selalu lebih mudah dari pada prakteknya.
Karena itu...!
Jangan heran jika anda ataupun penulis tidak dapat mempraktekkan
teori-teori ini. Selamat malam...!
______________________________________________________________________
Cat :
* Postingan ini adalah Duplikat dari angkolafacebook.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar